Materi yang Dipelajari serta Pengalaman dari Semester I Sampai Semester V

    Saya adalah Juanta Elieser Ginting dengan Nim 191110034. Saya adalah seorang mahasiswa dari sebuah Universitas di salah satu kota besar di Indonesia yaitu kota istimewa Yogyakarta. Saya berkuliah di Universitas Mercubuana Yogyakarta program studi Sarjana Teknik Informatika. 

    Semester I

    Selama mengikuti perkuliahan banyak sekali hal yang terjadi dalam saya mengikuti masa pendidikan di Universitas Mercubuana Yogyakarta. Pada semester I saya dihadapkan dengan mata kuliah yang membahas tentang algoritma dan pemrograman. Pada awal mata kuliah inilah saya mulai belajar tentang koding serta bahasa pemrograman. pada tahap ini saya masih belajar bahasa pemrograman c++. Bahasa pemrograman ini menurut saya belum terlalu sulit untuk dilakukan dan buktinya saya berhasil membuat program untuk memanajemen sistem peminjaman buku di perpustakaan. Pada semester ini bukan hanya belajar tentang algoritma dan pemrograman saja, tetapi juga belajar tentang matematika diskret, etika dalam menggunakan internet , aplikasi komputer serta kalkulus yang dibidangi oleh dosen killer yang membuat beberapa dari kami harus melakukan ujian ulang. berikut adalah bentuk program sistem perpustakaan yang telah saya buat.



SEMESTER II  

  Pada semester 2 saya dihadapkan dengan  database serta bahasa pemrograman baru yaitu Java dan ORACLE. pada semester ini bagi saya cukup susah untuk dimengerti, jujur saya sampai sekarang belum bisa menguasai bahasa pemrograman ini. object oriented programing  serta basis data menurut saya saling berhubungan, dimana di dalam object oriented progamming  saya belajar untuk membuat aplikasi serta disimpan di dalam database yang dipelajari pada mata kuliah basis data. seperti pada umumnya disetiap semester selain belajar bahasa pemrograman saya juga belajar mata kuliah wajib yaitu Pendidikan kewarganegaraan, aljabar linear dan matriks, bahasa Indonesia, konsep sistem informasi serta statistika dan probabilitas. Meskipun pada semester ini cukup susah tetapi masih dapat saya ikuti dengan baik karena tugas - tugas selalu saya kerjakan bersama teman - teman saya. 


SEMESTER III   

 Memasuki semester 3 adalah semester yang sangat sulit bagi saya, dan mungkin bukan hanya bagi saya saja tetapi bagi seluruh mahasiswa di Indonesia. Bagaimana tidak, pada semester ini bersamaan dengan masuknya pandemi covid-19  ke Indonesia. Pada semester ini semua jenis pembelajaran di Indonesia dilakukan secara daring ( dalam jaringan) termasuk kampus tempat saya kuliah. pada semester ini saya belajar tentang bahasa pemrograman baru yaitu mysql. Mata kuliah ini belajar mengenai memanajemen sebuah database yang disimpan didalam  sebuah server. 

    Disini saya diharapkan agar dapat membuat sebuah database dan mengelolanya serta dapat diakses oleh pemiliknya. Analisis algoritma juga dipelajari pada semester ini. Analisis algoritma membahas tentang langkah - langkah menyelesaikan suatu program. semisal nih saya membuat sebuah sofware maka diperlukan langkah - langkah dalam membuatnya. pertama-tama menentukan algoritma, kedua menentukan bahasa pemrograman yang akan digunakan, ketiga membuat flowchart, keempat membuat pseudocode, kelima membuat program menggunakan bahasa pemrograman yang telah dipilih, dan terakhir memasangkannya kedalam hardware. 

    Salah satu mata kuliah yang sangat sulit bagi saya pada semester ini adalah komputasi numerik. diamana semua materi tentang pemrograman numerik. dan melakukan perhitungan ini menggunakan sofware  yang bernama MATLAB. selama saya mengikuti mata kuliah ini dapat dipastikan saya tidak mengerti apa - apa, karena dosennya memang tidak pernah menjelaskan materinya padalah ini adalah materi yang sangat susah. Dosen hanya memerikan materi dan tugas doang. Membuka aplikasinya saja mungkin saya sudah tidak tau caranya karena memang tidak pernah dijelaskan.

berikut adalah gambar database yang pernah saya buat sebelumnya:




    Saya juga belajar tentang sofware yang open source dimana kita dapat mengelola sofware tersebut, mengubah dan membuatnya menjadi milik kita pribadi. contoh sofware open source  adalah open office, Gimp  dan masih banyak lagi. Sebagai anak IT saya juga belajar struktur dari sebuah komputer dan itu saya pelajari pada semester ini. struktur data juga tak terlewat saya pelajari dimana struktur data merupakan cara menyimpan dan mengatur data secara terstruktur pada sistem komputer atau database sehingga mudah untuk diakses. Mata kuliah lainnya yaitu kewirausahaan dan pendidikan agama Kristen Protestan.


 SEMESTER IV

    Semester IV saya mulai belajar tentang pemrograman web.  serta sudah mulai fokus pada satu bidang. Saya mengambil Jaringan sebagai fokus saya kedepannya pilihan lainnya adalah rekayasa perangkat lunak, dikarenakan saya sudah capek dengan kodingan makanya saya ambil fokus jaringan saja. pada semester ini saya sudah mulai bisa membuat website kecil-kecilan yang saya kelola dari blogger. Meskipun saya membuatnya dari blogger tetapi banyak yang saya ubah di dalamnya, misalnya templete dan tata letak dari website saya. 

berkut adalah gambar website yang telah asya buat dan masih saya gunakan sampai saat ini.




    Sistem jaringan yang saya pelajari pada semester ini terdiri dari pengelompokan ip address dan topologi dari sebuah jaringan sehingga dapat terkoneksi dengan internet. Saya juga belajar tentang LAN , WAN ,VPN dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan jaringan internet. Mata kuliah lainnya yang saya pelajari adalah kepemimpinan, logika fuzzy serta management proyek IT.


SEMESTER V

    Semester V saya mengikuti program kampus merdeka, sehingga saya bertukar program studi dengan kampus yang lain. Jadi pada semester ini saya mengambil beberapa mata kuliah yang melenceng dari jurusan saya yaitu pendidikan anak usia dini, new media dan cyberculture, dan manajemen sistem akuntansi. sehingga saya harus berbaur dengan mahasiswa dari jurusan lain yang tidak saya kenal sama sekali. yang saya ambil sesuai jurusan saya adalah keamanan jaringan serta internet of things.

    Keamanan jaringan mempelajari tentang enkripsi dan deskripsi.  Enkripsi adalah proses dimana informasi atau data yang hendak dikirim diubah menjadi bentuk yang hampir tidak dikenali sebagai informasi awalnya dengan menggunakan algoritma. Deskripsi adalah kebalikan dari enkripsi yaitu mengubah kembali bentuk - bentuk tersamar tersebut menjadi informasi awal. 

    Selain belajar keamanan jaringan saya juga belajar internet of things. mata kuliah ini membahas tentang sistem sensor pada suatu barang. Internet og things digunakan untuk mentranmisikan sebuah data dari barang menggunakan jaringan internet sehingga dapat dikontrol dari jauh, misalnya adalah CCTV yang dapat dilihat dari ruang kontrol yang telah disediakan. Pada tahap ini saya juga diminta untuk dapat menggunakan website yang telah saya buat sebelumnya agar dapat digunakan untuk menghasilkan barang atau jasa. Kebetualan di tempat saya saat itu sedang banyak yang menggunakan aplikasi higgs domino jadi saya menjual chipp higgs domino island di website saya agar dapat dipesan dari website tersebut , sehingga dapat digunakan untuk menghasilkan uang. Mata kuliah yang mengajarkan ini adalah tecnopreneurship.


PERBEDAAN KULIAH DARING DAN TATAP MUKA    

    Kuliah daring mulai diberlakukan pada bulan maret pada tahun 2019 sesuai dengan surat edaran pemerintah yang memberlakukan PPKM. menurut saya pribadi pembelajaran daring dan tatap muka itu sangat jauh sekali. meskipun ada zoom dalam daring tetapi menurut saya sangat tidak efektif bagi mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran. Kerap sekali mahasiswa hanya tidur saja dan menghidupkan zoom agar terlihat hadir. Dengan pembelajaran daring IPS saya dari semester ke semester terus menurun dari yang 3, 7 menurun sampai 2,88. Karena memang saya tidak mengerti sama sekali jika harus belajar secara online. Jadi harapan saya kedepannya semoga pembelajaran dapat dilaksanakan secara tatap muka sehingga materi dapat lebih dipahami dan dimengerti.

Posting Komentar

0 Komentar